Senin, 13 Mei 2013

Cara menjaga kesehatan mata di depan komputer

Cara menjaga kesehatan mata bagi kalian yang sering menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop tanpa meninggalkan tempat maka akan menimbulkan efek buruk bagi mata. jika kalian jarang berkedip di depan layar monitor, masalah yang umum dihadapi adalah mata kering, lelah dan gatal.



Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

ATUR KETINGGIAN LAYAR MONITOR
Menyesuaikan posisi pandangan mata terhadap komputer berguna untuk mencegah stres pada kornea mata dengan mengurangi paparan cahaya dari layar monitor.

Letak monitor idealya berada pada jarak 2 – 5 cm lebih rendah dari mata, diukur saat kondisi duduk tegak.

KURANGI KECERAHAN MONITOR
Efek radiasi layar monitor dapat menyebabkan penyakit mata. Diperlukan keseimbangan antara kecerahan layar monitor dengan cahaya diruangan anda.

Mengurangi kecerahan layar monitor berguna untuk mencegah mata lelah. Kurangi cahaya monitor agar tidak lebih terang dari lampu di ruangan anda.

ISTIRAHATKAN MATA ANDA
Mengistirahatkan mata setelah cukup lama menatap layar monitor sangat dianjurkan oleh dokter mata.

Caranya mudah : Alihkan pandangan mata anda ke sebuah objek yang jaraknya cukup jauh, misalnya 5 – 10 meter dalam waktu 10 detik saja. Langkah ini terbukti dapat membuat mata beristirahat sejenak.

Lakukan pengalihan pandangan ke objek lain secara teratur setiap 20 – 30 menit.

BIARKAN MATA BERKEDIP
Disadari atau tidak, jumlah kedipan mata akan berkurang saat berada di depan layar komputer. Kurangnya kedipan mata mengakibatkan mata cepat kering dan mudah lelah.

Biarkan mata indah anda untuk berkedip dengan sendirinya, hal ini untuk menjaga mata tetap basah oleh cairan mata.

Jika diperlukan, anda dapat menggunakan obat tetes mata untuk menjaga kesehatan dan ketajaman mata.


Menjaga kesehatan mata anda merupakan keharusan agar tidak mengalami penyakit mata di kemudian hari. Radiasi layar monitor akan memberikan efek negatif apabila anda tidak jeli dan teliti saat beraktivitas dengan komputer.

0 komentar:

Poskan Komentar